Belajar Demokrasi lewat Pemilihan ketua dan wakil ketua osis Di SMA N 2 Gadingrejo
Belajar Demokrasi lewat Pemilihan ketua dan wakil ketua osis Di SMA N 2 Gadingrejo

By Tim Humas SMA Negeri 2 Gadingrejo 12 Agu 2021, 11:01:30 WIB Pendidikan
Belajar Demokrasi lewat Pemilihan ketua dan wakil ketua osis Di SMA N 2 Gadingrejo

Sekolah merupakan tempat siswa belajar segala sesuatu termasuk belajar demokrasi. Mempelajari demokrasi tidak hanya teori demokrasi, tetapi dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Membudayakan nilai-nilai demokrasi di sekolah membutuhkan prinsip kebebasan berpendapat, kesamaan hak dan kewajiban, tumbuhnya semangat persaudaraan antara siswa dan guru. Prinsip-prinsip tersebut harus selalu menyertai pembelajaran di kelas pada mata pelajaran apapun. Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman nilai-nilai demokrasi dalam diri seorang anak. Dalam ini sekolah merupakan pengganti orang tua dalam mendidik seorang anak. Penanaman-penanaman niliai demokrasi ini biasanya dilakukan dengan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai demokrasi, misalnya melalui pembelajaran di kelas. Untuk mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi yang telah diajarkan maka sekolah memberikan sarana kepada siswa berupa organisasi-organisasi. Organisasi ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa untuk lebih bersifat demokratis, bertanggung jawab, serta menghargai sehingga diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa Yang nantinya akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kepala SMAN 2 Gadingrejo Drs. Hi. Kiagus Arif mengatakan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini bertujuan agar siswa mengenal proses demokrasi di Indonesia. Kemudian menumbuhkan rasa bertanggung jawab, kesadaran politik, dan sikap kritis.
“Menumbuhkan kesadaran politik dan loyalitas bagi siswa SMA itu diperlukan. Tujuannya memperluas wawasan politik, mempersiapkan terjun ke dunia masyarakat dan pemerintahan, kritis dan berjiwa kebangsaan atau nasionalisme. Pendidikan politik ini menyiapkan siswa atau generasi muda untuk berkarya dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat di bidang sosial dan menyiapkan jiwa mereka untuk mengemban tanggung jawab serta memberikan kesempatan menunaikan hak dan kewajibannya,” tegas Kiagus arif.

 

Sebagai seorang siswa juga harus belajar berdemokrasi dengan membiasakan hidup secara demokratis. Sekolah merupakan tempat yang tepat untuk berlatih dan mengembangkan nilai-nilai demokrasi. Budaya demokrasi dapat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan di sekolah.

 

Kegiatan belajar berdemokrasi di SMA Negeri 2 Gadingrejo adalah dengan menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), senin (2/9/2019). Kegiatan yang digelar di aula sekolah tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Sejumlah properti KPU seperti bilik suara dan kotak suara dipinjamkan pada proses pemilu ketua OSIS tersebut.

 

Ada tiga pasang kandidat yang mengikuti pemilihan. Masing-masing mendapatkan nomor urut yang memudahkan siswa memberikan suara.Nomor urut 1 adalah pasangan Andri Nur Hidayat dan M. Zlatan Ibrahimovic A. Nomor urut 2 Diki Erwin Saputra dan Nazida Zahra serta Dadang Gunawan dan Diko Erwan Saputra mendapat nomor urut 3.

Dua pekan sebelum pemilihan, pihak penyelenggara mengadakan serangkaian kegiatan. Dimulai dari pendaftaran calon ketua dan wakil ketua OSIS. Kampanye terbuka yang dilakukan masing-masing tim sukses (timses) di setiap kelas, dan debat kandidat (29/9/2019)

Sesuai agenda, pencoblosan suara dilaksanakan pada hari Senin, 2 September 2019. Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk  menandatangani absensi siswa sebagai pengganti undangan dan bukti keiikutsertaan dalam menyalurkan hak suara, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Dewan guru serta staf SMAN 2 Gadingrejo juga ikut memberikan suara dalam pemilihan ketua dan wakil ketua osis kali ini. Proses pencoblosan di mulai pukul 09. 00 sampai dengan 12.00 wib di Lapangan Parkir SMA N 2 Gadingrejo.

Tahap terakhir dari pemilu di SMA N 2 Gadingrejo ini adalah Penghitungan suara, dari daftar pemilih sebanyak 663 siswa, guru, staf maupun warga sekolah lainnya, pasangan nomor urut tiga Dadang Gunawan dan Diko Erwan Saputra unggul dengan 302 suara.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment