GELAR KARYA KEWIRAUSAHAAN SMA NEGERI 2 GADINGREJO MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MUDA BAGI PELAJAR DI MASA DEPAN
GELAR KARYA KEWIRAUSAHAAN SMA NEGERI 2 GADINGREJO MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MUDA BAGI PELAJAR DI MASA DEPAN

By Tim Humas SMA Negeri 2 Gadingrejo 02 Mar 2023, 20:00:18 WIB Pendidikan
GELAR KARYA KEWIRAUSAHAAN SMA NEGERI 2 GADINGREJO MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MUDA BAGI PELAJAR DI MASA DEPAN

SMA Negeri 2 Gadingrejo menggelar GELAR KARYA PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN pada Kamis, 2 Maret 2023. Sejak ditetapkannya sebagai Sekolah Penggerak, SMA Negeri 2 Gadingrejo menerapkan kurikulum merdeka dan sebelumnya telah melaksanakan project dengan tema Suara Demokrasi dan Bangun Jiwa Raga.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung wilayah II, Drs. H. Sunardi, M.Pd. Dalam sambutannya Kacabdin Wilayah II Provinsi Lampung menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Dr. Yuli Yanti, M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 2 Gadingrejo karena telah mampu menggerakkan seluruh stakeholder sekolah dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Seluruh stakeholder sekolah baik guru maupun pemangku kepentingan harus selalu terus bergerak dan berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan berinovasi serta mewujudkan karakter pelajar pancasila.

Kepala SMA Negeri 2 Gadingrejo menyampaikan bahwa Gelar Karya merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak awal Februari. Kegiatan diawali dengan pembelajaran di dalam kelas sebagai bagian dari kegiatan intrakurikuler siswa. Siswa mempelajari modul yang berisi tentang konsep berwirausaha agar siswa memiliki pemahaman dan termotivasi untuk menjadi seorang wirausaha. Kegiatan dilanjutkan dengan Kunjungan Industri ke tiga sentra industri lokal sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Menggali Potensi Wirausaha Berdasarkan Kearifan Lokal”. SMA Negeri 2 Gadingrejo bekerja sama dengan PT. AMANI Tambak Mulyo, CV Rabbani Snack, CV. YUBIM MULYA ABADI serta pengrajin anyaman bambu dan piring lidi, untuk siswa melakukan kunjungan dan melihat secara langsung proses produksi pada industri tersebut. Selain itu, para pelaku usaha juga didatangkan untuk memberikan testimoni dan motivasi bagi siswa agar siswa semakin memiliki rasa percaya diri, mampu menciptakan kreatifitas dan keterampilan sehingga tercipta wirausaha muda di masa depan.

Kegiatan diakhiri dengan Gelar Karya Kewirausahaan dimana siswa menampilkan hasil karya yang mereka peroleh selama mereka mendapatkan ilmu dan bimbingan dari guru pembimbing dan pelaku industri. Produk yang ditampilkan adalah anyaman bambu dalam berbagai bentuk, piring lidi, name tag, kuliner, kopi bubuk dan bubuk minuman jahe. Kesemua produk tersebut merupakan hasil karya siswa yang mereka kerjakan selama masa praktek dalam pembelajaran Kewirausahaan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN Negeri 2 Gadingrejo.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment