Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu dalam kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila \"Suara Demokrasi\"
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu dalam kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila \"Suara Demokrasi\" 2022

By Tim Humas SMA Negeri 2 Gadingrejo 29 Agu 2022, 11:39:04 WIB Pendidikan
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu dalam kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila \"Suara Demokrasi\"

Sejak ditetapkannya SMA Negeri 2 Gadingrejo sebagai sekolah penggerak pada tahun 2022, maka SMA Negeri 2 Gadingrejo menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas X dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar. Sekolah penggerak adalah sekolah dimana murid-murid secara kognitif dan karakter dimerdekakan untuk mencapai visi profil pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi yaitu Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, Berkebhinekaan Global, Giting Royong, Kreatif, Nernalar Kritis dan Mandiri untuk peningkatan sumber daya manusia Indonesia.

Salah satu implementasi Kurikulum Merdeka adalah Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar pancasila. Terdapat tujuh tema dalam P5 yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa Raganya, Suara Demokrasi, Berkarya dan berteknologi untuk Membangun NKRI dan Kewirausaan.

Sebagai tahap awal dalam pelaksanaan Sekolah Penggerak, SMA Negeri 2 Gadingrejo mengambil tema Suara Demokrasi.Kepala SMA Negeri 2 Gadingrejo Dr. Yuli Yanti, M.Pd menyatakan bahwa tema ini menjadi pemahaman awal bagi siswa untuk nantinya mereka berkontribusi dan menerepakan nilai-nilai demokrasi dalam ajang pemilihan umum yang sesungguhnya. Implementasi Pesta demokrasi dapat dimulai dari sekolah seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS. Kepala Sekolah berpesan pelajar hendaknya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam menyuarakan aspirasinya.

Sebagai upaya memaksimalkan kegiatan tersebut sekolah mendatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu pada Senin, 22 Agustus 2022. Menjadi narasumberKadiv Sosialisasi, pendidikan, Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Bapak Imam Bukhori, S.H. Hadir bersama dalam tim adalah Kasubag Teknik Penyelenggraan Pemilu, Hubungan dan Partisipasi Masyarakat Bapak Untung Alvindra, S.E. Kegiatan diikuti dengan antusis seluruh oleh siswa kelas X, mereka mendapatkan pemahaman terkait dasar-dasar dalam pelaksanaan demokrasi untuk menyuarakan aspirasinya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment